Aplikasi New Media untuk Pembelajaran atau Edukasi

Wikipedia, ensiklopedia
Logo Wikipedia


Dalam dunia Teknologi dan Informasi, nama Wikipedia sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang pengguna internet khususnya. Seolah situs Wikipedia sudah menjadi sumber rujukan  wajib untuk membuat sebuah artikel-artikel baik di media cetak seperti buku-buku pelajaran di sekolah. Pernah juga saya melihat dan membaca ada sebuah buku pegangan siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang seluruh konten halamannya copas dari Wikipedia.


Wikipedia juga tak luput dari sumber copy paste untuk artikel-artikel di dunia blog (sama dengan saya, bikin sampah di dunia maya. Wkwkwkwk).


Lalu apa dan siapa itu Wikipedia ?



Untuk mengatahui apa dan siapa itu Wikipedia, informasinya bisa diperoleh langsung dari situs tersebut. Kata Wikipedia, dia adalah :


Wikipedia merupakan ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs WIKI, yang berarti siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman. 




Ensiklopedia adalah



Ensiklopedia (/énsiklopédia/) adalah sejumlah tulisan yang berisi penjelasan yang menyimpan informasi secara komprehensif dan cepat dipahami serta dimengerti mengenai keseluruhan cabang ilmu pengetahuan atau khusus dalam satu cabang ilmu pengetahuan tertentu yang tersusun dalam bagian artikel-artikel dengan satu topik bahasan pada tiap-tiap artikel yang disusun berdasarkan abjad, kategori atau volume terbitan dan pada umumnya tercetak dalam bentuk rangkaian buku yang tergantung pada jumlah bahan yang disertakan.


Pendiri Wikipedia



Wikipedia merupakan merek dagang dari Wikimedia Foundation, Inc. yang juga telah membuat keseluruhan keluarga Wikipedia, antara lain Wikiquote, Wiktionary, Wikisource, Wikibooks dan Wikinews. Di Wikipedia dan proyeknya yang lain, Anda diharapkan berani menyunting, dan turut menyumbangkan pengetahuan di bidang yang Anda minati.


Wikipedia, Wikimedia
Logo Wikimedia


Wikimedia Foundation Inc. atau Yayasan Wikimedia adalah organisasi pusat dari Wikipedia, Wiktionary, Wikiquote, Wikibooks, Wikisource, Wikispecies, Wikiversity serta proyek-proyek kolaboratif Meta-Wiki. Wikimedia merupakan organisasi nirlaba yang berada di bawah undang-undang Florida, Amerika Serikat. Keberadaannya secara resmi dicanangkan oleh CEO (direktur) Bomis dan salah satu pendiri Wikipedia, Jimbo Wales pada tanggal 30 Juni 2003.


Nama "Wikimedia" ditetapkan oleh Sheldon Rampton dalam posting milis WikiEN-l pada bulan Maret 2003. Kemudian nama domain wikimedia.org dan wikimediafoundation.org didapatkan untuk yayasan Wikipedia oleh seorang kontributor, Daniel Mayer.


Tujuan yayasan ini adalah mendukung perkembangan pengetahuan bebas, proyek-proyek berdasarkan, WikiWiki dan menyediakan isi daripada proyek ini kepada khalayak ramai secara bebas dan gratis, tanpa iklan.


Wikipedia dimulai pada 15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales, Larry Sanger, dan beberapa kolaborator antusias bahasa Inggris. Kini ada 13.000 kontributor aktif yang mengerjakan 7.000.000 artikel dalam lebih dari 250 bahasa. Saat ini terdapat 213.344 artikel dalam bahasa Indonesia; setiap harinya ratusan ribu pengunjung dari seluruh dunia membuat puluhan ribu suntingan dan membuat ribuan artikel baru di Wikipedia berbahasa Inggris.

Semua teks dalam Wikipedia, dan kebanyakan gambar serta isi lainnya, dilindungi oleh lisensi ganda Creative Commons A-PS dan GFDL. Kontribusi tetap merupakan hak dari pembuatnya, sementara izin CC dan GFDL memastikan isinya akan tetap dapat didistribusikan secara gratis dan memungkinkan untuk direproduksi (lihat deklarasi hak cipta dan penyangkalan isi untuk informasi lebih lanjut)



Implemetasi Pemanfaatn Wikipedia dalam Dunia Akademik
Penggunaan wikipedia di kalangan akademik menjadi perdebatan yang hangat, bahkan banyak universitas yang meng-haram-kan penggunaan wikipedia dalam tugas pembuatan peper, hal ini juga berlaku ditempat saya menimba ilmu, Universitas Indonesia. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa Wikipedia menjadi sumber yang paling banyak digunakan oleh pelajar maupun mahasiswa dalam pembuatan tugssnya. Umi Proboyekti mengungkapkan bahwa mahasiswanya dalam mencari sumber informasi bergantung pada sumber-sumber tertentu seperti:wikipedia.
Diskusi mengenai penggunaan Wikipedia pun menjadi topik yang menarik di milis pustakawan meneliti, pertanyaan mendasarnya adalah apakah wikipedia sudah termasuk kedalam kategori sumber rujukan seperti ensiklopedia dan sumber rujukan lainnya?, apakah sudah ada kebijakan bahwa isi dari wikipedia tersebut dapat dipertanggungjawabkan seperti ensiklopedia?
Dari berbagai sumber dan diskusi yang saya lakukan, saya dapat menyimpulkan tentang bagaimana pemanfaatan wikipedia sebagai berikut:


  1. Wikipedia tidak direkomendasikan untuk dirujuk secara formal (dikutip isinya), tapi kita bisa menggunakanya untuk mengkomparasikan dengan sumber lain, banyak yang meragukan validitasnya karena (salah satunya) banyak yang berkontribusi, isinya bisa benar atau bisa juga tidak benar, karena tidak ada sistem yang menfilter itu, filternya ada pada diri kita.
  2. Wikipedia jangan dijadikan sumber informasi, tapi wikipedia hanya portal saja, dimana kita bisa mendapatkan informasi awal dan juga mendapatkan link ke sumber yang sebenarnya. Jadi yang digunakan sebagai sumber informasinya adalah pranala luar.
  3. Wikipedia bisa gunakan untuk mencari informasi awal tentang sebuah topik yang paling mutakhir.

Cara Kerja Wikipedia
Cara kerja dari Wikipedia ialah, seorang pengguna membuat artikel, misalnya satu baris saja, katakanlah mengenai band XYZ, lalu ditandai sebagai "Stub". Di Wikipedia, stub berarti bahwa artikel tersebut masih berbentuk kecil, masih rintisan, masih belum lengkap. Anda dipersilakan untuk memperbaiki artikel-artikel stub. Stub seringkali dibuat dengan sangat bersahaja, seperti satu baris ini:“Band XYZ adalah sebuah band rock Indonesia yang didirikan pada tahun 1930. Band ini berbasis di Bandung.”
Maka kelak, akan ada seorang pengguna lain yang melengkapi artikel band XYZ tersebut. Pengguna tersebut akan menambahkan hal-hal yang terkait dengan band tersebut.
Itu semua dipicu oleh ditambahkannya template stub ke artikel tersebut. Penambahan template tersebut otomatis menambahkan artikel tentang band XYZ tadi ke sebuah kategori khusus stub. Pengguna lain dapat melihat daftar artikel yang berstatus stub di kategori tadi, dan dapat memilih artikel mana yang dapat ia kembangkan.
Proses ini berlangsung setiap hari, dan begitulah Wikipedia bekerja. Memang, terkadang ada artikel yang masih berbentuk stub selama bertahun-tahun. Dan kasus tersebutlah yang banyak sekali diterima para pengurus Wikipedia, tentang mengapa artikel tersebut hanya satu baris saja. Tak jarang, para pengurus bosan untuk mengingatkan bahwa Wikipedia boleh disunting siapa saja.
Maka para pengurus menciptakan suatu akronim, SOFIXIT. Betulkan saja. Apabila Anda merasa ada yang kurang lengkap dengan artikel, misalnya, sekolah Anda di Wikipedia, perbaiki sendiri. Anda bahkan tidak diharuskan untuk mendaftar. Perbaikilah. Tidak ada yang melarang. Wikipedia ibarat sederetan paku yang belum dipalu. Wikipedia menyediakan palu untuk Anda memalu paku-paku itu. 



 A. Keunggulan Wikipedia

Keistimewaan Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia, Wikipedia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah spesialis, dan topik-topik berita yang masih hangat. Banyak orang yang menggunakan Wikipedia ini untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan rumah.
Wikipedia dan Larry Sanger berawal sebagai projek sampingan Nupedia, ensiklopedia bebas daring yang artikelnya ditulis oleh para ahli. Larry Sanger, yang mendirikan Nupedia bersama Jimmy Wales, melontarkan ide mengenai ensiklopedia berbasis wiki pada 10 Januari 2001 di milis Nupedia. Kemudian pada 15 Januari 2001, Wikipedia secara resmi diluncurkan.
Berikut ini beberapa karakteristik penting di dalam projek Wikipedia.

  • Wikipedia adalah ensiklopedia utama.
  • Wikipedia adalah sebuah wiki yang dapat diubah oleh setiap orang (kecuali untuk pengguna yang diblok dan pengecualian di halaman terlindung)
  • Wikipedia mengandung isi bebas dan menggunakan copyleft Lisensi dokumentasi bebas GNU.

    B. Jumlah Artikel Wikipedia


Sejak resmi diluncurkan pada tanggal 15 Januari 2001, Wikipedia Bahasa Inggris telah mengalami perkembangan jumlah artikel yang luar biasa. Tanggal 21 Januari 2003, jumlah artikel yang dimiliki telah mencapai 100.000 buah, kemudian pada tanggal 01 Maret 2006, telah memiliki 1.000.000 artikel. Angka ini terus bertambah menjadi 2.000.000 artikel pada tanggal 09 September 2007 dan menembus angka 3.000.000 artikel pada tanggal 17 Agustus 2009.
Hingga bulan Desember, proyek Wikipedia yang telah memiliki jumlah artikel lebih dari 1.000.000 hanya ada 4 bahasa, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Jerman yang telah menembus angka ini pada tanggal 27 Desember 2009, Bahasa Perancis yang telah melampauinya pada tanggal 21 September 2010 dan Bahasa Belanda yang mencapai angka ini pada 17 Desember 2011.
Sedangkan Wikipedia Bahasa Indonesia, pertama kali memiliki artikel pada tanggal 30 Mei 2003. Angka ini menjadi 1.000 artikel pada tanggal 16 Maret 2004, kemudian menembus angka 10.000 artikel pada tanggal 31 Mei 2005. Perolehan 100.000 artikel didapat pada tanggal 21 Februari 2009. Pada tanggal 7 Desember 2011, Wikipedia Bahasa Indonesia telah memiliki lebih dari 178.000 artikel.

    C. Bebas Unduh

Setiap orang yang ingin menggunakan isi bebas Wikipedia, kapan pun, dapat mengunduh artikel yang mendekati versi terbaru di dalam pangkalan data untuk tujuan bebas, dengan syarat LDBG.
Beberapa lokasi, seperti Wikinfo, wordiq, thefreedictionary.com, 4reference, dan nationmaster telah membuat salinan (mirroring) dan membuat 'data turunan' (forking) dari isi Wikipedia.

   D. Pengubahan

Isi Wikipedia dapat diciptakan oleh penggunanya. Pengunjung di Wikipedia juga dapat mengubah artikel, dan banyak yang melakukannya. Halaman-halaman selalu diubah, jadi, tidak ada artikel yang pernah selesai. Dan karena itu pula di Wikipedia sering terjadi "kesulitan" yang unik,. Tetapi ia pun memiliki sistem "penyembuhan sendiri" untuk menghadapi tantangan tersebut.

   E. Hardware

Wikipedia dijalankan dengan memakai perangkat lunak MediaWiki oleh server-server milik Yayasan Wikimedia. Sampai dengan 13 Mei 2006 Wikipedia dan proyek-proyek Wikimedia lainnya dijalankan oleh 175 server yang terletak di 4 lokasi berbeda yaitu di Tampa-Florida-Amerika Serikat, Paris-Perancis, Amsterdam-Belanda, serta di lokasi Yahoo!.
Perincian server menurut lokasinya adalah sebagai berikut.


  • Tampa, Florida:
    • 14 buah server berbasisdata MySQL,
    • 18 buah server Squid,
    • 93 buah server Apache, dan
    • 12 buah server lainnya untuk beragam keperluan.
  • Paris, Perancis:
    • 3 buah server Squid.
  • Amsterdam, Belanda:
    • 12 buah server.
  • Yahoo!:
    • 23 buah server.


   F. Kesimpulan

(+) Kelebihan
1. Lebih cepat saat diakses
2. Info yang terdapat di dalamnya lengkap
3. Menjadi media yang sering digunakan oleh pelajar untuk mendapatkan informasi
4. Tampilan tidak begitu memusingkan pengunjung
5. Mudah untuk mencari informasi lain ketika sudah berada di area wikipedia
6. Pemantapan/pembelajaran bahasa inggris
7. Informasi mencangkup keseluruhan
8. Banyak link yang langsung menuju pengertian istilah-istilah
9. Jika ada kesalahan cepat diperbaiki
10. Mudah digunakan

(-) Kekurangan
1. Kadang-kadang informasinya tidak sesuai dengan apa yang dimaksud
2. Kurangnya kesimpulan yang mendetail
3. Banyaknya pelajar yang sering mengakses search engine ini
4. Bagi yang kurang paham akan bahasa inggris akan susah untuk memahaminya
5. Kepengarangan/sumber informasi kurang di kenal
6. Membuat ketagihan dan mengganggu kegiatan nyata

 

    Belum ada Komentar untuk "Aplikasi New Media untuk Pembelajaran atau Edukasi"

    Posting Komentar

    Electric Smart Cars - Rational Reasons and Results When Buying One There are many reasons for buying any electric smart car, hybrid electric or plugin hybrid electric vehicle. The soaring costs of gas is likely the biggest and most pressing issue when considering buying an electric car. The environment and the planet is another concern. Whatever the reason, buying any BEV, PHEV or green planet-friendly automobile instead of that fossil-fuel burning internal combustion engine car, we'll certainly have a positive effect on helping save the planet and save you money as well. In order to make a smart electric car buying decisions, it is important to understand what the different types of electric-powered vehicles, and how smart electric cars work. There are three types of electric assisted vehicle that utilize an electric motor of some kind. The battery electric vehicle (BEV) is as the name suggests-a battery powered vehicle. There is no other power source for the vehicle, no internal combustion engine (ICE) running on gasoline, and therefore the battery must be charged between uses, and will discharge during use until it runs out. At this point the vehicle can no longer run, so you'll need to be near a charging point before you run out of gas, I mean electric juice. Two types of hybrid electric vehicles offer the best of both the electric and the ICE vehicle worlds. The hybrid electric vehicle (HEV) uses an electric motor to either propel the car or to increase the power. Generally the result of this is to extend the distance that it can travel on a tank of fuel, giving the hybrid electric car better fuel economy. Lastly there is the plug-in hybrid electric vehicle (PHEV). This runs in a largely similar way to the HEV but with one major difference-the battery can be plugged into a charging point, in order to completely charge the battery to its maximum capacity. The HEV by comparison can only charge its battery with the current generated by its ICE, or through regenerative breaking (a process in which energy is reclaimed during breaking rather than lost). By fully charging the battery the use of electrical power can be prolonged, and the use of gasoline reduced, making the PHEV the more economical of the hybrid electric vehicles. The drive-train of a BEV is very simple-a battery powers the motor, which propels the electric vehicle. The hybrid electric vehicles will run an ICE and electric motor either in parallel or in series, with both the ICE and electric motor being able to move the electric or hybrid electric vehicle. A capacitor allows energy to be channeled back into the battery too, and in the case of the PHEV a separate charging circuit like that of the BEV is included to separately charge the hybrid electric vehicle. There are two types of battery that are used in BEV, PHEV and HEV cars. Nickel metal hydride batteries are an older technology, and one that suffers from battery degradation more quickly than others. Newer, lithium-ion batteries are far more efficient, as well as longer lasting in both electric and hybrid electric vehicles. They don't suffer from memory formation like nickel metal hydride batteries, and tend to be able to provide more power for the engine than the alternative. Older hybrid electric vehicles may still use lead-acid batteries, but these are generally now considered bad for the environment, and are no longer used. There are pros and cons to making the move to an electric or hybrid vehicle. They are cheaper to run than ICE cars and have good speed, and hybrid electric vehicles have good range too. But the BEV class can run generally for only up to 40-200 miles, leading to what is known as range anxiety. Hybrid electric vehicles overcome by using the ICE as well, giving vastly superior range. Another downside is that the batteries wear out and need replacing. This is an expensive part on the car, and on a BEV the battery failure means that the car will completely fail to run. A hybrid at least has its ICE on which to fall back. However, the overall running costs to the owner are far less than for a vehicle with an ICE. The electric or hybrid electric vehicle has less moving parts and so less chances of failure that needs repair. Fuel efficiency of a hybrid is hugely increased, saving money for every mile driven, and for a BEV is even less as electrical energy is cheaper than gas. One of the biggest benefits to these vehicles is to the planet. Our oil reserves are finite and dwindling, and their continued use in this way further pollutes the environment. Moving to electric or hybrid electric vehicles will drastically reduce the pollutants emitted, and will slow the rate at which our planet's natural resources are exhausted. As far as the economy is concerned, electric and hybrid vehicles could be very positive development. The production of large numbers of these vehicles would require the building or converting manufacturing factories, and the hiring of workers to staff the factories. Claims are often made that our economy is heavily reliant on oil, and that moving away from it would destroy us, but the truth is quite different. By embracing these technologies, our economy can shift its dependence from oil onto alternatives, just as our motoring needs do. An all-electric or hybrid vehicle may cost a little more to insure than a gas vehicle. Though a small saving is possible thanks to the improved risk profile of people who own electric vehicles, other costs are higher. However, repairing electric or hybrid vehicles currently costs more because there are fewer of these vehicles on the road, and because spare parts are less abundant. This increases repair costs, which insurance companies pass on to owners. Savings in running costs can help offset this. Options are varied when considering purchasing one of these cars, giving potential owners a good range of choice when it comes to the power, size and range of their vehicle. The following are currently available or soon to be released, highway ready environmentally-friendly cars. Full details are not available for some of those cars that are not yet on sale. The Nissan Leaf is an all electric car doing 100 miles per charge and up to 90 mph, and starting at $33,720. This is a modern looking car with a reasonable range, and a competitive pricing. The Tesla Roaster is also all-electric, with an incredible 245 miles per charge, 125 mph top speed, and costs starting at $101,500. This is a stunning looking car with an equally stunning performance-and a range like no other electric car. The Smart-ED all-electric model has a 98 mile maximum range, and a top speed of 60 mph. This small car will be perfect for city driving. Starting at $599 a month for a four year lease. Ford's own all electric car-the Ford Focus has yet to be released but is expected to have a range in excess of 100 miles per charge. This car will be available from late 2011, and looks to provide all of the high-tech options that people may want, in a very stylish exterior. Final price and other details have yet to be released. Chevrolet's Volt is a PHEV that is capable of speeds of 100 mph. Fuel economy depends on how often you charge the battery, with official figures released at 60 mpg using gas and electric combined. Prices start at $32,780, giving this a reasonable price tag along with good performance. Toyota's Prius is a PHEV that has an incredible range of 475 miles on a single tank of gas, when using combined gas and the electric motor. Unfortunately, since it won't be available till early 2012 there are no more details regarding performance and pricing. A full hybrid version of the Toyota Prius is also available, with a base price of $23,520. With a combined mileage of 50mpg and a top speed of 112 mph, it has enough power and efficiency for anyone. This is a tried and trusted hybrid car with a good reputation. Ford's Fusion has a hybrid version as well, with a starting price of $19,820. With a 700 mile range per full tank of fuel, and 41 mpg, it is powerful and sleek, and has the range to take you wherever you want to go. The Escalade hybrid from Cadillac is a luxury SUV, and so it's price tag is a little larger, at $74,135. Fuel efficiency is good for an SUV at up to 23 mpg and a range of up to 575 miles per tank. This SUV balances the needs of a larger family with the desire to be a little more environmentally friendly, and does so with incredible style.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel